Variasi Menu Makanan Diet GM yang Benar


Jakarta, Indonesia —

Diet GM atau general motors diet merupakan metode menurunkan berat badan yang disebut bisa memangkas bobot tubuh sekitar 4-7 kg dalam satu minggu.

Pola diet ini mempunyai rencana makan (meal plan) khusus yang berfokus pada jenis dan porsi makannya. Dilansir dari Medical News Today, menu diet GM yang benar harus terdiri atas sayuran, buah, daging atau ikan, dan sedikit karbohidrat.

Menurut para ahli, diet GM sebaiknya dilakukan untuk jangka pendek, sedangkan penerapan jangka panjang masih perlu dikaji lebih lanjut karena berkaitan dengan risiko masalah kesehatan.

Program Diet GM Seminggu




ilustrasi SaladProgram diet GM mensyaratkan untuk mengonsumsi makanan sesuai yang dianjurkan (Ilustrasi Foto: jill111/Pixabay)

Program diet GM bisa dicoba selama satu minggu. Namun tidak ada salahnya jika Anda konsultasikan terlebih dulu ke dokter untuk mengetahui cocok-tidaknya jenis diet ini dengan kondisi tubuh dan kesehatan masing-masing.

Mengingat, diet GM tergolong ketat karena diharuskan untuk mengikuti menu yang sudah ditentukan.

Selama menjalankan program diet GM ini, dalam seminggu hanya diperbolehkan mengonsumsi makanan yang dianjurkan sesuai peraturan meal plan yang didominasi sayuran dan buah, di antaranya:

  • Senin: buah-buahan
  • Selama: sayur-sayuran
  • Rabu: buah dan sayuran
  • Kamis: pisang dan susu
  • Jumat: daging sapi, ayam, dan ikan
  • Sabtu: daging dan sayuran
  • Minggu: buah, nasi, dan sayur

Pilihan Menu Makanan Diet GM




Grilled chicken fillets on slate plate. Gray concrete backgroundPilihan menu diet GM (Foto: Istockphoto/vkuslandia)

1. Daging sapi teriyaki

Selama mengikuti program diet GM akan ada jadwal yang khusus mengonsumsi protein hewani. Anda bisa membuat menu daging sapi atau ayam bumbu teriyaki.

Cara memasaknya sangat praktis dan pastikan gunakan jenis daging bebas lemak. Per 100 gram daging sapi teriyaki hanya 105 kalori.

2. Dada ayam panggang

Menu tambahan lainnya yaitu dada ayam panggang bumbu saus tiram tanpa kulit dan tulang dihilangkan.

Merujuk Fatsecrets, per 100 gram dada ayam iris dan dipanggang dalam oven memiliki 79 kalori sedangkan jika dibakar yaitu 160 kalori.

3. Sup diet GM




Sop Sayur or Indonesian vegetables soup, made from carrot, cabbage, potato, meatball and quail eggs. Served on ceramic bowl. Copy space for text background.Menu diet GM yang benar yakni sup sayur (Ilustrasi Foto: iStockphoto/Cholifah Cholifah)

Masih tentang menu diet GM yang benar, berikut ini ada sup khusus dengan komposisi wortel, kubis, tomat, seledri, aneka bawang-bawangan, perasan lemon, air dan garam.

Semua bahan utama dipotong-potong dan masak bersamaan seperti sup pada umumnya. Selain rendah kalori, sup diet GM mengandung serat, vitamin serta mineral.

4. Salad sayur

Menu salad sayur yang disarankan terdiri atas selada, tomat, wortel, mentimun dan saus dressing minyak zaitun.

Salad sayuran ini cocok untuk menu makan siang sedangkan makan malam coba membuat salad dari daun kale, irisan wortel, serta mentimun.

5. Ubi atau kentang mini panggang




Close up of Baked Sweet PotatoMenu diet GM yang bisa dimakan saat jadwal makan karbohidrat adalah ubi atau kentang panggang (Foto: istockphoto/4kodiak)

Menu ubi dan kentang mini panggang yang diberi sedikit taburan garam, bisa menjadi hidangan utama di jadwal khusus makanan karbohidrat.

Opsi lainnya dapat mengonsumsi 100 gram nasi merah dengan sup diet GM karena rendah kalori tapi tetap bernutrisi.

Selain menawarkan hasil untuk menurunkan berat badan, metode diet GM ini dapat membantu Anda membatasi makanan olahan (sosis, daging, atau ikan kaleng), karbohidrat olahan (pizza, donat, gorengan), jeroan, serta minuman manis (soda, jus instan).

Itulah rekomendasi menu diet GM yang benar. Meski demikian, diet GM yang menjanjikan turun berat badan dengan cepat ini tidak disarankan untuk dilakukan jangka panjang karena pembatasan makan dapat berisiko menyebabkan malnutrisi dan masalah kesehatan lainnya.

Jika ingin menurunkan berat badan yang lebih aman, sebaiknya dilakukan dengan bertahap dan memperbaiki pola makan sehat secara konsisten, serta diiringi dengan rutin berolahraga.

(avd/fef)

[Gambas:Video ]




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *