Vietnam Dirugikan, Park Hang Seo Minta VAR di Piala AFF



Jakarta, Indonesia —

Pelatih timnas Vietnam, Park Hang Seo, meminta panitia Piala AFF menyediakan fasilitas layanan Video Assistant Referee (VAR) guna meningkatkan mutu kejuaraan antarnegara Asia Tenggara.

Hang Seo mengutarakan harapan mengenai VAR dalam konferensi pers seusai laga Vietnam vs Thailand yang berakhir 2-0 untuk kemenangan tim Gajah Perang.

Dalam pertandingan tersebut ada beberapa keputusan wasit Saoud Ali Al Adba yang memantik perdebatan karena menimbulkan kontroversi.

Selain memberi delapan kartu kuning, masing-masing empat untuk Vietnam dan Thailand, pengadil asal Qatar itu juga menunjuk titik putih untuk Tim Gajah Perang lantaran Do Duy Manh dianggap melanggar Supachai Chaided pada menit ke-81.

Sementara Al Adba tak memberi penalti ketika ada salah satu tangan pemain Thailand yang mengenai bola di kotak 16.

“Saya tidak punya komentar [soal wasit],” kata Hang Seo ketika ditanya soal kepemimpinan wasit yang merugikan Vietnam.

Namun kemudian Hang Seo menyatakan keberadaan VAR di Piala AFF bisa memberikan rasa adil bagi para peserta.

“Sekarang ini VAR harus diterapkan karena media menanyakan hal yang saya tidak tahu bisa menjawab apa. Semoga semua membaik,” kata Hang Seo.

“Ada sponsor jadi bisa pakai VAR dan itu bagus buat semua tim,” imbuh pelatih asal Korea Selatan itu.

Sebelumnya, dalam laga semifinal antara Indonesia vs Singapura, keputusan wasit Kim Hee Gon juga menimbulkan perdebatan terkait pelanggaran yang dilakukan Pratama Arhan kepada Song Uiyong dan potensi penalti untuk Indonesia setalah Ricky Kambuaya dijatuhkan.

[Gambas:Video ]

(nva/ptr)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *