Viral Aksi Marshal di WSBK Mandalika: Salat di Tepi Lintasan



Jakarta, Indonesia —

SelainĀ gerak-gerik para pembalap World Superbike (WSBK),aksi marshal di Sirkuit Internasional Jalan Raya Mandalika, Lombok, turut viral di media sosial.

Salah satunya adalah aksi seorang marshal yang salat di sisi lintasan balap Mandalika. Dalam video yang diunggah @Instalombok itu tampak seorang marshal salat di tengah terik panas lintasan, dan dua rekannya berbincang.

Lantas ada sebuah video yang ditayangkan akun resmi WSBK, di mana seorang marshal bermain botol air minum mineral saat hujan, ketika balapan sedang dihentikan. Dalam video itu sang marshal sukses melakukan permainan flip bottle.

Komentator balapan WSBK sampai kaget dan memuji aksi marshal yang sukses dalam percobaan pertamanya. Obrolan komentator yang dari awalnya membicarakan balapan, sampai beralih membahas aksi marshal di tengah hujan tersebut.

Kemudian ada satu video lainnya yang memperlihatkan enam orang marshal berjoget-joget di tengah hujan saat balapan tidak berlangsung. Para marshal ini bertingkah seperti sekumpulan musisi dengan bermain musik.

Ada pula unggahan di media sosial yang menampilkan persiapan marshal sebelum bertugas dalam balapan yang digelar di Sirkuit Mandalika.

Video viral ini seperti jadi penawar isu yang sempat beredar bahwa marshal di Mandalika saat Asia Talent Cup (ATC) 2021 tidak siap. Saat itu jumlah marshal disebut kurang dan belum memenuhi kualifikasi, sehingga ATC terpaksa ditunda.

Peran marshal begitu penting dalam sebuah balapan, baik motor atau mobil, karena menjadi orang yang akan terlibat langsung dalam kelancaran ajang dan sebuah keselamatan pembalap serta orang-orang lain yang ada dalam area sirkuit.

Marshal dituntut tanggap dalam membaca situasi dan berkomunikasi mengenai keadaan sirkuit. Selai itu mereka juga dituntut bisa memberikan pertolongan pertama pada pembalap yang mengalami masalah.

Marshal juga memiliki beberapa peran dan tugas yang berbeda mulai trackside marshals, flag marshals, pit marshals, startline marshals, paddock marshals, dan administrative marshals.

[Gambas:Video ]

(nva)







Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *