Viral di TikTok, Kopi Kayu Manis Ampuh Turunkan Berat Badan?




Jakarta, Indonesia

Tips menurunkan berat badan dengan minum kopi kayu manis tengah viral di platform TikTok. Apakah minuman tersebut efektif untuk membakar lemak?

Kayu manis sendiri dikenal sebagai salah satu rempah yang memiliki aroma memikat. Kayu manis diambil dari bagian kulit batang pohon Cinnamomum.

Kayu manis biasanya memiliki rasa yang cenderung pahit dengan kadar sinamaldehida yang tinggi. Senyawa ini memberikan rasa dan aroma manis pada kayu manis.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Mengutip Medical News Today, kayu manis terbukti dapat mengurangi beberapa efek buruk dari kebiasaan konsumsi makanan berlemak tinggi. Selain itu, efeknya pada kadar gula darah juga dapat membantu proses penurunan berat badan.

Sebuah studi menemukan, konsumsi suplemen kayu manis selama 2-6 bulan berhasil menurunkan berat badan hingga 0,5 kilogram (kg).

Namun, penting untuk dicatat bahwa kayu manis tidak akan menyebabkan penurunan berat badan jangka panjang.

Selain kayu manis, tips diet yang viral di TikTok itu juga menambahkan bubuk cokelat atau kakao ke dalam minuman bersamaan dengan kayu manis. Keduanya juga dikenal punya manfaat untuk proses penurunan berat badan.

Mengutip New York Post, sebuah studi dari Harvard’s T.H Chan School of Public Health menemukan bahwa empat cangkir kopi sehari dapat menurunkan lemak tubuh hingga 4 persen. Namun, jika dikonsumsi lebih dari itu, kopi bisa memicu efek samping.

Sementara kakao dikenal akan kandungan seratnya yang tinggi. Kandungan serat sendiri dipercaya dapat membantu proses penurunan berat badan dengan mempertahankan rasa kenyang lebih lama.

Perhatikan bahaya kayu manis

Meski bermanfaat, namun Anda juga perlu memperhatikan bahaya kayu manis.

Mengutip Medical News Today, kayu manis mengandung kumarin. Jika dikonsumsi dalam jumlah berlebih, kumarin dapat menimbulkan efek samping berupa masalah pada hati.

Kayu manis jenis Ceylon mengandung kumarin yang jauh lebih sedikit dengan jenis Cassia. Sementara jenis Cassia merupakan varian kayu manis yang umum dikonsumsi.

(asr/asr)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *