Waktu Tepat Ganti Oli Mobil dan Tandanya


Jakarta, Indonesia —

Setiap mesin mobil dirancang untuk membutuhkan oli. Oli atau pelumas mesin jadi faktor penting yang menentukan kinerja mobil.

Pelumas perlu diganti secara rutin agar kinerja mobil tetap terjaga. Lantas, kapan waktu ganti oli mobil yang tepat?

Mengganti pelumas secara rutin dilakukan demi merawat mesin mobil. Pelumas yang tidak diganti dalam waktu lama akan memengaruhi performa mesin.

Untuk itu, penting bagi Anda mengetahui kapan saatnya harus mengganti pelumas. Apalagi, bagi Anda yang bepergian setiap hari menggunakan kendaraan.

Waktu Ganti Oli Mobil




Ilustrasi mobil mogokIlustrasi. Waktu ganti oli mobil tergantung pada beberapa faktor. (KaboomPics)

Pada dasarnya, tidak ada waktu yang seragam untuk mengganti pelumas. Mengutip laman American Automobile Association (AAA), interval penggantian oli akan bervariasi, tergantung pada mesin dan usia kendaraan, jenis pelumas, dan kondisi mengemudi.

Berdasarkan kondisi mengemudi

Sebelumnya, normal untuk mengganti pelumas setiap 5.000 kilometer. Namun, dengan pelumas yang lebih modern, sebagian besar pabrikan mesin saat ini merekomendasikan interval penggantian pada 8.000-12.000 kilometer jarak tempuh. Apalagi jika mobil menggunakan oli jenis full-synthetic, interval penggantian pelumas bisa lebih renggang.

Saat ini, umumnya rekomendasi waktu ganti oli mobil dibuat berdasarkan jarak tempuh seperti 10.000 kilometer atau waktu pemakaian 6-12 bulan. Itu pun tergantung dengan seberapa berat medan yang ditempuh.

Jika Anda terbiasa melewati jalanan macet dan menghabiskan waktu berjam-jam untuk sampai di tempat tujuan, maka patokan 10.000 kilometer bisa turun menjadi 8.000 kilometer. Pasalnya, mesin terus bekerja dengan maksimal meski mobil berhenti saat macet.

Berdasarkan jenis pelumas

Dari segi jenis pelumas, interval penggantian oli juga berbeda. Pengguna oli jenis full-synthetic bisa mengganti saat jarak tempuh mencapai 10.000 kilometer. Namun, pengguna oli jenis campuran mineral perlu mengganti saat mencapai 5.000 kilometer.

Berdasarkan usia mobil

Mobil tua umumnya memiliki interval penggantian oli berdasarkan jarak tempuh yang ditentukan.

Sementara mobil baru bisa dilakukan dengan memantau masa pakai oli melalui sistem pemantauan yang secara otomatis menentukan kapan harus mengganti pelumas.

Secara sederhana, sistem ini bekerja berdasarkan waktu dan jarak tempuh. Namun, saat ini sistem tersebut juga menganalisis kondisi pengoperasian kendaraan untuk mengidentifikasi kapan oli harus diganti.

Simak selengkapnya mengenai waktu ganti oli mobil di halaman berikutnya…


Waktu Tepat Ganti Oli Mobil dan Tandanya


BACA HALAMAN BERIKUTNYA



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *