Waspada Banjir Dampak Siklon Tropis Paddy



Jakarta, Indonesia —

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) meminta masyarakat untuk mewaspadai dampak Siklon Tropis Paddy berupa hujan lebat yang dapat menyebabkan banjir dan tanah longsor.

“Mewaspadai potensi dampak seperti banjir/bandang/banjir pesisir, tanah longsor dan banjir bandang terutama di daerah yang rentan,” tulis BMKG dalam keterangan pers, Senin (22/11).

Berdasarkan analisis terbaru pada 22 November 2021 pukul 16.00 WIB, Bibit Siklon Tropis 90S telah berkembang menjadi Siklon Tropis Paddy di sekitar Samudra Hindia Selatan Jawa Tengah.

Siklon Tropis Paddy ini membentuk daerah pertemuan dan perlambatan angin yang memanjang dari Lampung hingga Jawa Tengah dan di Samudra Hindia selatan Jawa Tengah yang dapat meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar wilayah tersebut.

Kondisi ini juga secara tidak langsung dapat meningkatkan ketinggian gelombang di sekitar wilayah perairan barat Lampung hingga selatan Bali-NTB.

“Dalam 24 jam ke depan Siklon Tropis Paddy dapat memberikan dampak tidak langsung terhadap kondisi cuaca di Indonesia,” tulis BMKG.

BMKG memperkirakan hujan dengan intensitas sedang-lebat di wilayah Lampung, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, dan NTB. Gelombang laut dengan ketinggian 1,25 – 2,5 meter dapat terjadi di Perairan Barat Bengkulu, Teluk Lampung bagian selatan, Samudra Hindia Barat Kep. Mentawai, perairan selatan Jawa Barat hingga Sumbawa, Selat Bali – Lombok – Alas bagian selatan, Samudra Hindia selatan Jawa Timur hingga P. Sumba.

Sementara itu, gelombang laut ketinggian 2.5 – 4.0 meter (Rough Sea) dapat terjadi di – perairan barat P. Enggano hingga Lampung, Selat Sunda bagian barat dan selatan, perairan selatan Banten, Samudra Hindia Barat P. Enggano hingga selatan Jawa Tengah.

Terkait dengan potensi cuaca ekstrem tersebut, masyarakat diimbau untuk menghindari kegiatan pelayaran di wilayah perairan yang terdampak, menghindari daerah rentan mengalami bencana seperti lembah sungai, lereng rawan longsor, pohon yang mudah tumbang, tepi pantai, dan lainnya.

Masyarakat juga diminta mewaspadai potensi dampak seperti banjir/bandang/banjir pesisir, tanah longsor dan banjir bandang terutama di daerah yang rentan

(ptj)

[Gambas:Video ]




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *