Waspada Omicron, DKI Belum Berencana Buka Car Free Day 2022



Jakarta, Indonesia —

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta belum berencana mengadakan kembali hari bebas kendaraan bermotor (HBKB) atau car free day (CFD) di kawasan Sudirman-Thamrin, Jakarta Pusat, pada 2022. Hal itu tak lepas dari kasus Covid-19 transmisi lokal varian omicron yang terdeteksi di ibu kota.

Diketahui, CFD sudah ditiadakan sejak pandemi virus corona (Covid-19) melanda Jakarta karena menimbulkan kerumunan banyak orang.

“Belum (ada rencana), untuk HBKB tentu kita tetap akan melihat perkembangan dari kasus positif Covid-19,” Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo di Balai Kota, Jakarta, Selasa (28/12).

Dia mengatakan, rencana pembukaan kembali akan melihat perkembangan situasi pandemi di Ibu Kota. Apalagi, saat ini sudah terdeteksi kasus virus corona varian Omicron di Jakarta.

“Kita ketahui sekarang sudah ada varian baru omicron yang tentu ini yang juga masih dalam pantauan,” kata Syafrin.

Syafrin menegaskan bahwa penerapan car free day akan terintegrasi dengan penanganan pandemi. Oleh sebab itu, pihaknya belum berencana membuka kembali CFD.

“Kebijakan penerapan HBKB itu akan terintegrasi dengan penanganan kasus positif Covid-19 secara keseluruhan,” ujarnya.

Diketahui, car free day dihentikan sejak 11 Maret 2020 untuk menghindari penyebaran virus corona (Covid-19) yang mulai merebak di DKI Jakarta sejak 2 Maret 2020.

CFD sempat kembali dibuka pada Juni 2020. Namun, setelah dibuka, pengunjung CFD di kawasan Sudirman-Thamrin langsung membludak, sehingga Pemprov DKI kembali meniadakan CFD.

(dmi/bmw)

[Gambas:Video ]




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *