Waswas Lini Belakang Tanpa Baggott di Indonesia vs Myanmar


Jakarta, Indonesia —

Ketidakhadiran Elkan Baggott di lini belakang Timnas Indonesia saat melawan Myanmar pada pertandingan uji coba, Kamis (25/11), membuat pertahanan Tim Garuda mengkhawatirkan.

Seperti diketahui, kehadiran Baggott terbukti sangat memengaruhi kekuatan lini pertahanan Timnas Indonesia.

Hal itu terlihat pada pertandingan Timnas Indonesia vs Afghanistan di Antalya, Turki, 16 November lalu.

Pada pertandingan tersebut Baggott tampil sebagai starter berduet dengan Fachruddin Aryanto di lini belakang Timnas Indonesia.

Bek dengan postur 196 sentimeter itu tampil selama 72 menit, sebelum digantikan oleh Victor Igbonefo karena cedera.

Selama 72 menit bermain, Baggott berhasil menjaga pertahanan Timnas Indonesia dengan baik dan sukses membuat gawang Indonesia tidak kebobolan.

Tapi, setelah Baggott keluar, lini belakang Timnas Indonesia terlihat rapuh. Pertahanan Timnas Indonesia yang digalang Fachruddin dan Igbonefo berulang kali mampu ditembus oleh umpan-umpan silang Afghanistan.

Hingga akhirnya, penyerang Afghanistan Omid Popalzay mampu membobol gawang Timnas Indonesia lewat sontekannya di kotak penalti setelah terjadinya miskoordinasi di jantung pertahanan.

Pengaruh ketidakhadiran Baggott bukan kali ini saja dirasakan Timnas Indonesia. Saat Timnas Indonesia menghadapi Afghanistan di Dubai, pada 25 Mei lalu, pertahanan Timnas Indonesia juga rapuh tanpa Baggott.

Tanpa kehadiran Baggott, pelatih Timnas Indonesia Shin Tae Yong mempercayakan lini pertahanan kepada Firza Andika, Rachmat Irianto, Andy Setyo, dan Rifad Marasabessy.

Namun, kombinasi empat pemain tersebut tampaknya belum begitu padu. Hal itu terlihat saat timnas Indonesia harus kecolongan saat laga baru berjalan enam menit.

Bahkan, Afganistan mampu menambah keunggulan menjadi 2-0 pada menit ke-43. Rapuhnya lini pertahanan timnas Indonesia kian terasa saat Afganistan mencetak gol ketiga pada menit ke-49.




Banner Testimoni

Kini, Baggott bakal absen saat Timnas Indonesia melawan Myanmar di Turki, pada Kamis (25/11) malam WIB. Baggott telah kembali ke Inggris untuk bergabung kembali ke klub Ipswich Town U-23 karena jeda internasional telah rampung.

Tetapi, Baggott akan bergabung dengan Timnas Indonesia pada 1 Desember 2021. Bek kelahiran Bangkok, Thailand itu diproyeksikan bermain untuk Piala AFF 2020 (Piala AFF 2021) di Singapura.

Meski demikian, tanpa kehadiran Baggott Timnas Indonesia diharapkan bisa tampil solid dan dapat meningkatkan konsentrasi di lini pertahanan saat melawan Myanmar.

[Gambas:Video ]

(rhr/jal)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *