Wuling Pastikan Produksi Mobil Listrik Kecil di RI



Tangerang, Indonesia —

SGMW Motor Indonesia (Wuling) menyatakan siap untuk melokalisasi mobil listrik murni di Indonesia. Mobil listrik yang hendak diproduksi belum bisa diungkap, namun menggunakan basis Global Small Electric Vehicle (GSEV).

Han Dehong, Wakil Presiden of Wuling Motors menuturkan persiapan Wuling untuk menyambut era kendaraan listrik di Indonesia telah memasuki tahap akhir. Jika sudah rampung, ia bilang mobil listrik Wuling langsung akan diproduksi dan dipasarkan di dalam negeri.

Sebelumnya Wuling telah menyatakan niatnya untuk berkompetisi dalam industri mobil listrik di Indonesia. Namun strategi Wuling agak berbera, yaitu menghadirkan kendaraan tanpa emisi berukuran kecil.

Strategi ini berbeda dari merek lain yang sudah duluan meluncurkan mobil listrik dengan mengemasnya dalam bentuk sedan atau hatchback.

Mengenai kapan, Dehong hanya bilang itu akan dilakukan dalam waktu dekat.

“Dalam waktu dekat, kami akan meluncurkan produk generasi berikutnya dengan platform GSEV. Mobil listrik ini tidak hanya akan dijual di Indonesia tetapi juga diproduksi di Tanah Air,” kata Dehong di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021, ICE, BSD, Tangerang.

Saat ini sudah ada sejumlah mobil listrik Wuling dengan basis GSEV, antaranya Mini EV dan Baojun. Kedua mobil tersebut juga sudah dibawa Wuling ke Indonesia untuk dipamerkan ke GIIAS.

Kedua mobil itu merupakan mobil listrik dengan ukuran mungil, namun menyuguhkan kapasitas hingga empat orang. Mobil listrik Wuling telah dikembangkan mulai 2014 di China. Dari sana mereka kemudian menciptakan platform mobil listriknya, GSEV.

Dikatakan platform mobil listrik ini dapat disesuaikan dengan kebutuhan penggunanya, memiliki ukuran kecil namun lapang, dengan dukungan beragam fitur dan aspek keselamatan, dan juga teknologi modern.

Saat ini, Wuling memiliki beberapa produk berbasis GSEV yang telah terjual lebih dari 650 ribu unit di China.

“Keberhasilan platform Wuling GSEV di negara asalnya serta permintaan dari pasar global telah memotivasi Wuling untuk menghadirkan produk listriknya dan berpartisipasi dalam pengembangan ekosistem EV di Indonesia,” ucap dia.

Ia menambahkan persiapan Wuling menghadapi era elektrifikasi kendaraan di Indonesia sudah dimulai dari 2018 dengan menghadirkan produk EV pertama di berbagai pameran otomotif. Mobil tersebut yaitu E100 dan E200.

(ryh/mik)

[Gambas:Video ]




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *